Harmonisasi Keluarga Impian Keluarga Kasih sayang seorang istri terhadap suami Perlindungan seorang ayah terhadap anaknya #htmlcaption

Berita Terkini

Please Wait, Loading...

Senin, 25 Oktober 2010

Pemahaman Perintah CHMOD di Linux

Perintah dasar Unixs “CHMOD” yang satu ini sudah tidak asing bagi linuxers terutama yang berhubungan dengan akses perijinan baik perijinan proses membaca file, editing file, maupun mengeksekusi file, di tulisan ini penulis ingin membagi sedikit mengenai pemahaman mengenai CHMOD.
Apa sebenarnya yang dimaksud dengan CHMOD, CHMOD atau Changes Access Permision adalah salah satu perintah di UNIXs yang digunakan untuk proses pengubahan perijinan kepemilikan terhadap user, group maupun other.
Dalam proses perijinan file chmod tidak lepas dari istilah r-w-x apakah r-w-x tersebut, r ( read ) adalah proses perijinan yang berhubungan dengan hak baca, w ( write ) adalah proses perijinan yang dengan hak tulis, sedangkan x (execute) adalah proses perijinan yang berhubungan dengan proses eksekusi.
Bagaimana implementasi dari r-w-x terhadap suatu files? r-w-x diimplementasikan dengan penulisan kode biner yaitu 0 atau 1 dari ketiga hal tersebut, terhadap kepemilikan user, group, other. Penjelasan ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
2.png
jadi jika ada penyebutan permisi 777 artinya perijian dari kepemilikan user-group-other diperbolehkan dalam hak untuk melakukan proses pembacaan, penulisan, dan eksekusi.
Bagaimana cara penulisan perintah CHMOD ke “console“? Dalam penulisan perintah di console linux harus diberikan karakter “+” untuk menset pemberian ijin dan karakter “-” untuk menset tidak diberikannya ijin, di r-w-x. Sebagai contoh penulis akan memberikan ijin read/write/execute kepada user namun untuk group dan other hanya ijin read/write saja untuk file laporan.odt, maka perintah yang akan saya tuliskan yaitu :
chmod 766 laporan.odt
Nilai 766 diperoleh dari inisial u pada perintah di atas yaitu : user r-w-x = binernya 111, untuk o yaitu other, dan untuk g yaitu group adalah r-w =binernya 110 maka jika diuraikan ke bentuk oktal untuk u=7 g=6 dan o=6, jika untuk keseluruhan kepemilikan (ugo) maka dapat dituliskan dengan karakter a yang maksudnya ialah “all” yaitu dengan nilai oktal adalah 777. Demikian sedikit penjelasan mengenai CHMOD semoga bermanfaat.