Definisi :
TPS ( Throttle Position Sensor ) definisi secara umum merupakan sebuah tahanan geser dengan bahan dasar karbon arang, yang tujuan utamanya adanya sensor ini untuk memantau posisi throttle.
TPS ( Throttle Position Sensor ) definisi secara umum merupakan sebuah tahanan geser dengan bahan dasar karbon arang, yang tujuan utamanya adanya sensor ini untuk memantau posisi throttle.
Letak Objek :
Sensor ini biasanya terletak di kupu-kupu spindle / poros sehingga dapat langsung memonitor posisi throttle. Rentang kerjanya katup throttle 0% sampai dengan 100 % pembukaan katup throttle, akan setara dengan nilai tegangan 0,5 Volt - 4,7 Volt. Maksud lebih luasnya jika tegangan 5 Volt yang bersumber dari ECU sebagai
referensi tegangan, dan bila katup gas dibuka secara penuh atau maksimal maka akan membuat perbandingan tegangan yang berasal dari perbandingan tahanan, sehingga TPS akan mengeluarkan sinyal tegangan 0,5 s/d 4,7 Volt.
Fungsi :
Memberikan sinyal masukan ke ECU untuk keadaan berapa derajat dari bukaan sudut throttle yang mengatur jumlah udara/gas yang masuk ke manifold, sehingga sinyal tsb dapat digunakan utk referensi dalam mengatur laju kendaraan/mobil untuk keadaan pelan ataupun kencang.
Dimana kecepatan kendaraan tergantung dari bukaan throtle, jika kalau bukaannya sedikit, udara/gas yang masuk juga akan sedikit sehingga laju kendaraan akan pelan, berlaku sebaliknya, hal ini dikarenakan banyaknya udara/gas yang didistribusikan.
Dengan kata lain disaat pedal gas dilepas maka sensor juga akan mengukur berapa banyak udara yang masih masuk dan mengukur sudut saat plat throttle dalam keadaan menutup, dan mengirimkan sinyal ke ECU, sehingga udara/gas yang didistribusikan lebih sedikit dan laju kendaraan menjadi pelan.
Gejala yang terjadi pada mesin jika Throttle Position Sensor rusak, kurang lebihnya sbb :
1. Lampu Indikator Check Engine akan menyala
2. Mobil saudara akan gagal pada saat uji emisi
3. Bahan bakar boros
4. Sulit untuk distater atau membutuhkan waktu starter lama setelah mesin dimatikan
5. Akselerasi terasa tersendat
Cara Pengujian Objek :
1. Cek TPS dengan alat ukur avometer/multimeter
2. Kondisi mobil dalam keadaan mati
3. Buka konektor TPS, pasang salah satu probe avometer pada kaki tengah, yang satu pada kaki sebelah
1. Cek TPS dengan alat ukur avometer/multimeter
2. Kondisi mobil dalam keadaan mati
3. Buka konektor TPS, pasang salah satu probe avometer pada kaki tengah, yang satu pada kaki sebelah
kiri, posisi saklarmeter AvoMeter di Ohmeter yang menunjuk angka 1 kilo
4. Probe plus minus diabaikan.
5. Putar perlahan bukaan gas sampai full
6. Perhatikan jarum avometer.
a. Apabila jarum bergerak stabil kekanan berarti TPS tidak bermasalah.
b. Apabila saat bukaan tertentu jarum bergerak kekiri atau bahkan balik ketitik nol kiri berarti TPS bermasalah, hal ini disebabkan karena plat tipis didalam TPS tidak ada koneksi.
4. Probe plus minus diabaikan.
5. Putar perlahan bukaan gas sampai full
6. Perhatikan jarum avometer.
a. Apabila jarum bergerak stabil kekanan berarti TPS tidak bermasalah.
b. Apabila saat bukaan tertentu jarum bergerak kekiri atau bahkan balik ketitik nol kiri berarti TPS bermasalah, hal ini disebabkan karena plat tipis didalam TPS tidak ada koneksi.
Kesimpulan :
1. Konsep cara kerja dan rangkaian didalam TPS sama persis dengan komponen elektronika Potensiometer
2. Nilai tegangan ukur untuk pengujian TPS dinilai 0,5 sampai 4,7 Volt dalam rentan ujicoba pembukaan
katup di prosentase 0% - 100%
3. Pengukuran menggunakan Multimeter ( sbg Ohmmeter ), TPS dikatakan baik jika jarum multimeter
bergerak ke arah samping kanan dengan pergerakan yang konstan.
Semoga Bermanfaat.