Please Wait, Loading...

Wednesday 2 November 2011

Cek Plagiat Konten Website atau Blog Dengan WebScanner

    Era informasi saat ini memudahkan bagi seorang neters untuk mengeksplorasi informasi-informasi sesuai dengan kebutuhannya, akan tetapi bagaimana kita mengetahui apakah informasi-informasi yang khususnya artikel yang ada di web tersebut masuk dalam kategori plagiat atau tidak, belum bisa kita ketahui secara langsung, saat ini kita bisa mengetahuinya dengan bantuan "website scanner" yang diantaranya beralamatklan di  http://www.dmca.com, http://www.copyscape.com, ataupun website scanner jenis lainnya. Website ini secara tidak langsung mendidik kita untuk menjadi seorang penulis atau pemilik blog atau website tanpa embel-embel plagiat dan melindungi konten blog atau website kita dari proses plagiat.

Hal ini telah menjadikan kita bagi seorang bloger atau penulis artikel-artikel untuk belajar menjadi penulis yang sesungguhnya dalam artian tidak mengkopi pastekan tanpa mencantumkan sumber referensinya. Boleh dikatakan untuk menuju ke peran tersebut memang tidak mudah akan tetapi ada proses dan progressnya yang sedikit demi sedikit untuk bisa menjadi yang sempurna dalam menjadi penulis tanpa embel-embel plagiat. 
Berikut adalah contoh dari apakah website kita masuk dalam kategori plagiat atau tidak :
  • Scan url website di http://www.dmca.com, http://www.copyscape.com atau sejenisnya
   
Bagaimana melindungi website atau blog kitadari plagiat, jawabannya adalah bisa dengan mendaftarkan dan menempatkan "script" di website kita, utnuk contoh disini adalah sertifikasi dari dmca yang penulis peroleh untuk blog atau website http://resumedini.blogspot.com


Demikian paparan dari penulis, semoga apa yang tertulis disini dapat dijadikan suatu pegangan kedepan dalam pembelajaran untuk menjadi seorang bloger atau penulis artikel tanpa embel-embel plagiat.
Semoga tulisan ini bermanfaat, sekian mohon maaf dan terimakasih.