Please Wait, Loading...

Thursday 10 November 2011

Mengenal Xampp & Web Server

Xampp & Web Server

Sekilas Xampp, Web Server
Sebelum mengenal Xampp akan lebih baik kita mengerti terlebih dahulu “apakah definisi dari xampp?  Xampp bisa didefiniskan sebagai suatu software yang tergolong “Free” dimana tujuan software ini dibentuk untuk dapat bekerja di beberapa sistem operasi, dan xampp sendiri merupakan suatu kompilasi dari beberapa program.
Kata Xampp sendiri memiliki makna pada tiap huruf-hurufnya, berikut makna-makna berikut :
  1. X, faktor x dimana x “Operasi Sistem” yang memiliki harapan bahwa aplikasi ini dapat berjalan dibanyak sistem operasi, misalkan : windows, linux, Mac OS, solaris
  2. A, abjad ini diambil dari huruf depan dari kata Apache, dimana Apache merupakan webserver.
  3. M, huruf ini juga diambil dari kata MySql, dimana telah diketahui bahwa MySql adalah suatu aplikasi database yang banyak digunakan, walaupun masih banyak juga aplikasi database selain mysql
  4. P, tidak jauh juga pada abjad P juga diambil dari kata PHP, dimana PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman web, korelasi antara PHP dan Mysql sangat erat sekali dan sering digunakan dalam DBMS (Database Manajemen System), walaupun PHP juga mendukung DBMS yang lain.
  5. P, untuk huruf P yang kedua yaitu diambil dari kata Perl, tidak jauh pula dari PHP bahwasanya Perl ini juga merupakan bahasa pemrograman web.
Dari pengenalan yang begitu singkat, ada yang kurang dalam memaknai Xampp, yaitu fungsi xampp, apakah fungsi keberadaan xampp, xampp difungsikan sebagai suatu penyedia layanan yang berada di jaringan komputer atau yang lebih dikenal dengan istilah “server” dimana suatu xampp bisa dijadikan sebagai server yang berdiri sendiri (localhost).
Uraian diatas akan memberikan pertanyaan lain yaitu apakah Web Server itu? Web Server bisa diartikan sebagai perangkat lunak yang memiliki tugas memberikan pelayanan akan permintaan user terhadap halaman web, dimana komponen-komponen web server diantaranya bahasa pemrograman web dan Aplikasi database dalam hal ini bisa dimisalkan PHP dan MySQL.
Bagaimana implementasi xampp di linux, berikut merupakan langkah-langkah Instalasi Xampp di Linux Ubuntu
1. Siapkan aplikasi xampp-linux-1.7.2.tar.gz
2. Masuk ke terminal root : sudo su atau sudo -i
3. ekstrak file xampp-linux-1.7.2.tar.gz ke direktori opt, dengan perintah di root tar xvfz  xampp-linux-1.7.2.tar.gz -C /opt
4. aktifkan xampp di root dengan mengetik : /opt/lampp/lampp start
5. proses xampp yang telah aktif dengan indikasi :
Starting XAMPP 1.7.2…
LAMPP: Starting Apache…
LAMPP: Starting MySQL…
LAMPP started..
6. Untuk proses aktif di browser silakan ketik di url address : localhost
7. Untuk melihat perintah-perintah lain yang berhubungan dengan xampp, silakan ketik di root dengan perintah :
/opt/lampp/lampp
8. Semoga bermanfaat