Please Wait, Loading...

Tuesday 29 November 2011

Membangun Web Aplikasi Sederhana Dengan Delphi

Selamat pagi rekan-rekan, salam sejahtera semoga Alloh swt selalu melindungi dan memberikan kemudahan dalam menjalani aktifitas kita sehari-hari, Amin. Dalam posting artikel kali ini saya akan memaparkan bagaimana suatu aplikasi desktop yang kita buat bisa berjalan di web. Mungkin artikel ini tidak begitu asing bagi rekan-rekan yang telah lama berdampingan dengan desktop building. Konsepnya begitu sederhana dalam pembangunannya, yang pastinya script dan desainnya tidak jauh berbeda dengan  membuat aplikasi seperti biasanya, yang membedakan yaitu adanya setting port dan url yang akan dituju. Misalnya dalam artikel ini penulis menggunakan port 88 dan urlnya http://localhost sebagai defaultnya, pembeda yang lain mungkin dari sisi pendukungnya yaitu perlu disediakan server web yang minimal lokal, dalam hal ini penulis menggunakan Wamp5, petunjuk instalasinya juga sederhana dan sangat mudah sekali tanpa melakukan setting-setting tertentu.
Dan berikut source code
dari event untuk menampilkan pesan yang sesuai dengan gambar diatas.
implementation

{$R *.dfm}

procedure TWebForm1.KlikMeBtnClick(Sender: TObject);
begin
  Pesan.Text := 'Assalamu''alaikum Wr. Wb, Selamat Belajar';
  Pesan.Show;
end;

Kesimpulan dari kajian ini yaitu jika aplikasi yang kita bangun masuk dalam kategori kerumitan maka aplikasi ini sangat cocok menggunakan browser Google Chrome, jika aplikasi yang kita bangun sederhana misalnya seperti gambar diatas semua browser sangat mendukung. Kajian yang masih dalam proses yaitu meninjau dari sisi keamanananya, terutama jika suatu aplikasi ini berkaitan dengan database, yang mungkin pertanyaannya apakah bisa suatu data yang ditampilkan merupakan data yang diambil dari webservice?, insyaAlloh jawabanya bisa.

Demikian sekilas pengenalan membangun aplikasi desktop yang dijalankan di web berbasis Delphi, jika dari rekan-rekan ada pertanyaan yang terkait dengan artikel ini bisa menggunakan shoutmix chat di samping.

Semoga bermanfaat..